Wednesday 2 January 2013

tips belajar scream dan growl


Cara Belajar Scream and Growl

Cara Scream Dan Growl Yang Baik Dan Benar
brad" \m/ pasti mencari" gmna ya tehnik buat belajar scream dan growl yang mantap... hemmm gue mau berbagi tips ni sedikit...mohon disimak ya...chekdot.. \m/..
dan bagi kalian yang ingin/sedang belajar bermain Gitar silahkan cek website ini :)
www.ngulikgitardirumah.com 

GROWL

Untuk melakukan Growl sebenarnya mudah…Growl itu kebanyakan di gunakan pada musik beraliran Metal..


Cara pertama melakukan Growl, selain loe harus sering mendengarkan lagu-lagu Metal, loe juga harus mempunyai keinginan untuk meniru-niru Growl yang ada di lagu tersebut..
  • Coba waktu bernyanyi itu loe menarik nafas ke dalam menggunakan mulut.. jadi itu akan menghasilkan bunyi Growl,,,
  • Growl itu adalah suara tarikan..refrensinya begitu. Jadi usahakan nafas loe mampu untuk di tarik ke dalam..
  • Kalo mau ber-Growl nafas loe harus berkuat pada dada.
  • Growl itu umumnya seperti orang asmag yang kedengaran tersiksa karena sesak nafas., Eitss!! jangan takut..memang kalo pertama-tama kelihatan susah tapi lama- akan terbiasa…
  • Growl bisa yang bernada rendah sehinggah terdengar suara monster,, tapi ada juga Growl yang berbunyi tinggi… kelihatan seperti berteriak dan akan berbunyi nyaring… itu akan kelihatan seperti ber-Scream…
  • Growl itu banyak jenisnya., tapi gue mengajarkan cara Growl yang dasar dulu.. karena kalo sudah benar-benar menguasai Growl dasar, loe bisa belajar pada tingkat yang lebih susah, seperti meniru berbagai suara binatang. Suara binatang yang akan ditiru, seperti mengikuti suara binatang Babi (Pig Squel) atau sering dikenal dengan istilah Slamming,,

Scream

Sekarang gue akan kasih tau cara Scream menurut gue pribadi ^^
Hmmm,,,scream pastinya harus Exhale, karena kalo di lakukan secara Inhale itu bukan Scream, tapi jadi Growl.
Scream adalah jeritan yang menghentak., biasanya di gunakan pada band-band yang beraliran Screamo. Hmmm gue belum begitu pandai teknik Scream., tapi gue akan mencoba membagikan cara berscream yang menurut gue benar.
  • Lebih baik loe harus sering mendengar lagu dari band-band Screamo., seperti Avenged sevenfold, Alesana, Bring Me The Horizon atau Saosin, karena band-band tersebut banyak melakukan Exhale.
  • Kalo mau all out .. berarti loe harus berteriak sekuat tenaga., lebih baik loe lakukan ini di studio band, karena kalo dirumah ataupun tempat umum pasti loe akan di kira mabuk atau kerasukan !!
  • Tapi cara yang benar sebenarnya tak usah berteriak sampai kehabisan suara., Scream yang paling bagus kalo loe melakukan dengan setengah suara tapi terdengar nyaring.
  • Kalo mau ber-Scream nafas itu di kuatkan pada perut bukan dada..(kalo berpusat di dada itu untuk Growl)
  • Usahakan tenggorokan itu harus basah, karena kalo kering Screamnya bakal gak jadi.
  • Waktu ber-Scream, nafas di buang keluar sambil menyanyikan part yang akan di Scream-kan..
  • Kalo loe melakukan Scream, yaitu membuang keluar dan mencampurkan nada rendah, bunyinya akan seperti ber-Growl rendah.

Tips :
  • Banyakan minum air putih
  • Pernafasan dilatih terus
*untuk memperindah suara Scream diantaranya*

Cara Natural :
  • Sering berlatih suara band-band beraliran Screamo
  • Atur pernafasan untuk keluar dan masuk
Cara Alternatif :
  • Jangan merokok !
  • Minum air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi hari
  • Minum serat jeruk
  • Minum wedang bandrek (jahe)

Nah Selamat Mencoba Sob, Good Luck ^^

ok let me help u 2 do that.. btw scream berbeda dengan bernyanyi dg suara tinggi,krn scream tdk selalu bernada tinggi,scream;in indo translate:”Teriak” so if u ask scream yg gmn yg baik dan benar,yaitu scream dg nada akurat yg dtuju,powerfull tp tidak membuat tenggorokan kita sakit.. so if it hurt,u must be wrong 2 done that!
sangat susah u/ mengajarkan caranya dg kata2 krn technic vokal tdk bisa hanya di ajarkan dg notasi..
Metallica-James Heltfield sering menggunakan technic screaming u/ menyanyikan nada2 rendah,coz mungkin qta akan kaget ketika dia berbicara biasa tnyata suaranya tidak serak,pdhl spanjang dia bernyanyi suara yg keluar adalah suara serak..
satu kunci u/ menghasilkan suara cream dan serak adalah dg menekan bagian sendi tertentu dlm tenggorokan,y sperti kl niruin suara doraemon same way like that,tp dlagukan…
coba aja sendiri di rumah sugan berhasil ok




Teknik
Vokal Scream dan Growl
Suara atau yang akrab kita sebut dengan vokal, dalam bermain musik atau band sangantlah penting, karena vokal di tempatkan sebagai objek yang pundamental dalam bermusik, diblog saya kali ini membahas atau share maslah bagaimana karakter vokal scream atau chord dan growl itu kita bisa lebih mahir dalam memainkanya dan prepisional easy and menjadi masternya rocker. Dan sebenarnya berlatih memainkan karakter vokal ini sangatlah susah dan membutuhkan kewaspadaan dalam berlatihnya, karena bagaimanapun karakter vokal scream ini mengandalkan dari kerongkongkan tenggorokan yang setiapkali dalam perbait atau kata kita harus mengeluarkan suara itu, saya memakai cara secara userfriendly saja, yang bisa kita lakukan pada kegiatan sehari-hari baik di rumah atau di tempat yang sepi, yang setidaknya jauh dari keramaian orang untk melatihnya, karena vokal scream seperti yang anda sudah ketahui memiliki karakter hardvoice, setidaknya kita bisa menjaga situasi yang ada pada lingkungan, gunakan lingkungan sebagai wadah kamu konser band yang ramah dan dan penuh energy.
Karakter vokal scream ini ada yang menggunakan teknik vibrato (suara getar) yg paling penting, untuk vocal ini apa cukup dengan hanya menaik-turunkan pitch nada , berlatih dari nada yang pelan-pelan tetapi tidak mengurangi karakter Scream yang ada meskipun pelan-pelan hingga jadi cepat secara otomatis bergetarnya,
Hirup udara sediktit demi sedikit dengan teknik scream
ada lagi sih teknik2 vibra lain yg gua prnah dgr, sperti misalnya: katanya dengan “permainan nafas” ?
ato ada lagi, katanya dengan “permainan lidah & gerak mulut” ?
bahkan katanya banyak yg “malsuin vibra” di pop/rock ya? …
Cara Alternatif untuk memperindah suara Scream diantaranya dengan ramuan :
  1. Jangan merokok
  2. minum air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi hari
  3. minum serat jeruk
  4. air serbat, atau wedang asem
  5. mimi wedang bandrek (jahe)
Cara natural:
1. Sering berlatih Suara band cadas (scream) min 2jam
2. Atur pernafasan untuk keluar masukan 8jam dalam 1hr
Dah itu dulu selanjutnya di posting beriktnya yc…
Tapi sebelum kelar nie ada Teknik musik dulu..:
UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :
  1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  1. Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  2. Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  3. Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  4. Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  5. Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  6. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran yang baik
Kontrol pernafasan
Rasa musical.
NADA adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT NADA ADA 4 (EMPAT) :
  1. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
  2. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
  3. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
  4. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.

 
Ok temen-temen, kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Scream. Scream dibedakan menjadi 7 Teknik, diantaranya :
1.    Teknik Scream
2.    Teknik Growl
3.    Teknik Grunt
4.    Teknik Piq Squeals
5.    Teknik Fry
6.    Teknik False
7.    Teknik Death

Yang saya bahas kali ini adalah teknik yang pertama, yaitu Teknik Scream itu sendiri. Scream berarti “teriakan” atau “berteriak”. Berteriak adalah mengeluarkan suara dengan keras. Berarti Teknik Scream bisa diartikan mengeluarkan suara dengan keras, sama halnya dengan berteriak. Akan tetapi, Teknik Scream memiliki nafas yang agak berat. Jadi tidak hanya asal mengeluarkan suara.
Tips untuk melakukan Teknik Scream :
1.    Latihanlah mengeluarkan suara, atau dengan cara berteriak. Akan tetapi beratkkan suara yang anda keluarkan.
2.    Lakukanlah latihan rutin setiap hari, misalnya 2 jam Sehari.
3.    Agar mudah Mengeluarkan Suara, minumlah wedang jahe. Dengan minuman yang alami, bisa cepat membentuk suara Scream.
4.    Lakukanlah latihan pernafasan diafragma.
5.    Untuk memberatkan suara, anda juga bisa minum kopi. Kopi bertujuan untuk memberatkan suara yang berada dikerongkongan. Tapi jangan banyak-banyak, karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.
Yah, itulah sedikit pengetahuan gue tentang Teknik Scream. Jika loe" brad memiliki pendapat yang berbeda, loe bisa Comment postingan ini.
Terimakasih \m/ selalu...yyeaah... :)

Judul: tips belajar scream dan growl; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

52 comments:

  1. hahaha great tutorial gan... !

    zhmiepallace.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nice info bro!! haha
    vj-master.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Bray gue gabisa scream, tapi permasalahan gue tuh gabisa untuk mengatur napas. Setiap gue ngescream yang gue scream itu cuma 2-3 kata, seperti patah2 gitu gue ngescream. Solusi untuk bisa scream gue panjang gimana bray?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering latihan pake perut/pernpasan diafragma gan.. n setiap pngn nglakuin di ushakan tnggrokan bsah.. btuh wktu lma jg gan n bsa bkin skit tnggorokan..

      Delete
  4. yah gan gk boleh rokok ya? susah dong....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan untuk hasil yg maksimal.. klo dh jdi/bsa sh leh2 aj ngeroko.. ;)

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. gan , pas lu screem exhele apa sih yang lu rasain di sekiar pernapasan lu ?

    ReplyDelete
  7. sory gan buat scream ane masih tahap belajar juga n jarang bngt di pake karna banyaknya efek negatif karna beljar scream... sbnernya untuk pernapasan scream ga ngerasain ap" paling cuma engap..

    ReplyDelete
  8. Gan, emang kalo ngerokok ga bakal jadi scream'a ea.?

    ReplyDelete
  9. Thanks Gan. gua udh hampir bisa sich growl N scream nya

    ReplyDelete
  10. Scream gampang broo, yg penting pandai atur nafas. Yg susah itu mungkin growl...hahaha soalnya ane masih belum bisa

    ReplyDelete
  11. andre : your welcome... :D
    faisal : lebih baik sih jangan ngerokok dulu gan selama proses pembelajaran..
    Ryan : sma" gan.. hehe slamat gan.. ane sndri baru bisa growl..
    Rizky : haha ane malah kebalikan dari ente...

    semuanya maav komen baru saya balas... karna baru sempet buka blog.. hehehe

    ReplyDelete
  12. Thanks bro infonya,, gw dah bisa scream & growl. Utk growl sih lancar, tp utk scream kok leher gw jd merah ya? Sakit sih ngga,, cuma merah aja.. kira2 knp ya?
    Sblmnya thanks ya

    ReplyDelete
  13. thanks bro, gw udah bisa inhale dan sekarang lagi belajar yang exhale., tapi ko susah ya kalo mau panajang gitu, baru beberapa kata udah gak kuat., biar bisa panjang gimana?,

    ReplyDelete
  14. zaldy : merah gmna gan???
    kien : lathan pernafasan aja gan.. dan coba atur pola makan dan pernafasan diafragma.. ane jg msh bljar °˚˚°Âº≍<3нëнëнë<3≍º°˚˚°Âº :-P :D‎‎‎ ◦°◦◦°◦°◦◦°°˚˚..

    ReplyDelete
  15. makasih wak buat info nya :) (Y)
    pollback twitter awak ya @MargaSinagaa

    ReplyDelete
  16. thanks buat infonya. tp niruinnya lebih susah dari yang dibayangkan...

    ReplyDelete
  17. terbukti gan, ane bisa, haha great totorial.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" gan.. senang bisa membantu.. :D

      Delete
    2. ane jadi bisa scream dan growl slama 12 detik gan. makasi banget yaaa

      Delete
  18. izin copas gan i7-core.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. gan ane coba growl tenggorokan ane jadi sakit ya.

    solusinya gimana...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar gan itu salah satu efek sampingnya.. :)

      Delete
  20. growl ane bsa, tpi yg guttural basah cranya gmna gan

    ReplyDelete
  21. ini ngawur -_-
    growl bukan inhale tapi exhale
    dan avenged sevenfold, asking alexandria, bring me the horizon bukan screamo -_-
    ngawur semua ini mah kalo ane bilang :v
    gw udah lama bisa pigsqueal, frogsqueal, fry high, low to high dan masih banyak lagi
    sambil di dampingi rokok pun juga masih bisa
    ahh ngaco bloggernya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada kessalahan mhon dmaklumi n dimaafkan gan.. karna saya juga masih bnyak belajar.. :D

      Delete
    2. cara scream exhale yg benar gmn gan saya maw sperti alissa white yg maduin growl n scream

      Delete
  22. mkasih infonya
    mas yang punya BLOG follow @zul_itu_ikram nnti ane mau nanya" bnyak ini :D

    ReplyDelete
  23. aq bisanya yg nyedot gan klo suara yg ngeluarin gk bsa :( gmn ya crae pas nyobak suara keluar ehhh pelan :(

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. dulu gue bisa mnjangkau suara tinggi, tp sejak konsumsi rokok (4thn lalu), setiap merambah nada tinggi, suara gue malah ngorok, dan tenggorokan sakit sperti dicekik. padahal gue cinta gila sama lagu2nya Avenged Sevenfold.
    ada obat yg bisa pulihin suara gue gk bung ya? rempah tradisional atau apa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo komposisi makanan/buat obt gitu kurang tau dah gan

      Delete
  26. gan,gini saya tuh sering banget scream dan growl,tapi kenapa ya ga bisa bertahan lama,udah beberapa menit gitu gue langsung batuk",padahal menurut gue growl gue tuh dah lumayan lancar deh

    ReplyDelete
  27. gue kan cewe kalo gue mau suara scream bisa ga yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja banyak kok..kaya vocalisnya wall of jerico kalo ga salah

      Delete
  28. manteb gan sangat dimengerti dan rasanya ane mau scream nih di jalan raya hahaha :D

    kunbalnya gan : http://sehatitugratis.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. Gan menurut gw tutorialnya nice bgt yaa dari teknik-teknik yg lu ajarain msh bisa dicoba dan engga ngebuat bingung, cuman gw mau nanya nih cara ngebedain suara growl sm scream yg ada di lagu tuh gmn sih, maksud gw biar gw g bingung mau niru suara vocal yg dilagu, takutnya ntar harusnya dia ngescream gwnya malah ngegrowl... btw tutorial lu keren (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan sama2.. ane juga belum ahli..hehee
      gimana ya mungkin dari rasa suara yang kita denger gan... rata2 kan growl lebih cenderung dalem dan panjang dan kaya tetutup gitu .. sedangkan scream umumnya di lagu2 terdenger lebih serak dan cempreng tapi kadang yg udah ahli scream juga screamnnya panjang gan.. :)

      Delete
  30. Thanks om. Kalo meniru suara bus sinar jaya itu termasuk teknik apa?

    ReplyDelete
  31. Biar suara scream tahan lama gmna bray misal jarak 10 lagu?

    ReplyDelete
  32. Bro biar nada screamnya tinggi gimana ya? Pengen banget bisa kaya shadow nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin-rajin berlatih aja gan.. dan jangan lupa diatur pola hidup dan minuman yg di konsumsi.. buat kaya shadow mah susah gila bro.. hohoo yg penting usaha.. dan pahami resikonya :)

      Delete